Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan | Info Unik Menarik

Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan. Info Unik Menarik : Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan



Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan

Friday, August 3, 2012

BANGUN saat dini hari untuk santap sahur menjadi rutinitas bagi umat Islam selama bulan Ramadhan. Walau hanya berlangsung sekitar dua jam, sahur cukup memangkas jam istirahat yang seharusnya berdurasi tujuh jam setiap malamnya.

Kurang tidur bisa membuat tubuh kelelahan, terutama jika Anda memiliki segudang aktivitas di siang hari. Kurangnya waktu istirahat juga dapat menurunkan konsentrasi otak, sehingga kativitas pun sulit mencapai maksimal.

Agar tidur tetap berkualitas selama bulan Ramadhan, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Memahami pengaturan jam tidur
Ada tiga elemen yang berperan penting untuk mengatur jam tidur dalam tubuh. Di antaranya kapan Anda harus tidur, berapa lama Anda tidur, dan seberapa pulas tidur Anda. Jika Anda sudah dapat mengendalikan ketiganya –termasuk gangguan yang dialami selama tidur- maka Anda dapat memperoleh waktu istirahat yang berkualitas.

2. Kualitas nomor satu
Apa artinya tidur berlama-lama jika Anda berkali-kali terbangun di sela-sela tidur? Gangguan saat tidur, baik berupa mimpi buruk maupun gangguan eksternal, bisa mengurangi kualitas tidur dan manfaat kesehatan yang Anda peroleh. Tidur yang berkualitas ialah saat Anda terlelap tanpa gangguan dan merasa segar-bugar di saat bangun tidur.

3. Maksimalkan jam tidur

Jika biasanya Anda tidur di atas jam 12 malam, cobalah untuk menggeser jam tidur. Bagi Anda yang menghabiskan waktu dua jam untuk memasak dan makan sahur, Anda dapat memajukan jam tidur menjadi dua jam lebih awal, sehingga jam tidur pun tidak berkurang.

4. Pahami pentingnya tidur
Apa yang terjadi pada tubuh Anda saat tidur? Berbeda dari yang selama ini diyakini banyak orang, kinerja organ tubuh justru lebih sibuk di saat tidur ketimbang saat terjaga. Sama seperti proses pertumbuhan yang terjadi di saat tidur, semua organ tubuh tidak berhenti bekerja walau sedang tidur pulas.

5. Cukupi asupan nutrisi
Tidur berkualitas juga bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Menyantap buah dan sayur, serta meminum multivitamin mampu menjaga kadar gula darah yang salah satu fungsinya ialah mengatur siklus tidur.

6. Hindari “balas dendam”Saat berbuka puasa

Keinginan untuk makan sebanyak-banyaknya kerap terjadi. Makan dalam porsi besar sebagai aksi “balas dendam” bisa membuat Anda sulit tidur. Tetap jaga porsi makan dan hindari makan besar menjelang tidur.

dari Berbagai Sumber

Labels:

Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan. Info Unik Menarik : Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan Mas Hudi. 5. Kotabumi, Lampung Utara Lampung Utara
Share
0 Comments pada posting "Mengatur Jam Tidur Selama Ramadhan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, Insya' Allah Anda bisa masuk surga.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home