Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa | Info Unik Menarik

Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa. Info Unik Menarik : Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa



Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa

Friday, July 20, 2012
makan-sahur-sehat
Bulan puasa Ramadhan adalah bulan dimana kaum muslimin menahan makan dan minum di siang hari selama satu bulan penuh. Meski berpuasa biasanya orang akan tetap beraktifitas normal yang menyebabkan energi banyak yang terkuras. Karena itu menjaga asupan gizi saat makan sahur dan berbuka puasa harus diperhatikan.
Dari penelitian diketahui bahwa saat berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan jumlah asam lambung dan akan normal kembali setelah puasa selesai.
Agar tubuh tetap sehat dan gizi tetap tercukupi selama menjalankan ibadah puasa maka penting untuk mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat sahur dan jenis makanan yang sebaiknya dihindari.
  1. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk menambah kekenyalan dinding sel tubuh.
  2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti buncis, kacang panjang, dan kacang polong.
  3. Tambahkan di menu anda suplemen yang mengandung banyak GLS (Gamma Linoleic Acid).
  4. Disarankan mengkonsumsi ikan karena mengandung banyak EFA (Essential Fatty Acid) dalam bentuk omega 3.
  5. Gantilah nasi putih dengan nasi merah.
Hal yang paling penting saat makan sahur adalah air, vitamin dan elektrolit. Konsumsilah air putih, sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat sahur atau malam hari sebaiknya hindari makanan gorengan karena makanan yang digoreng tidak memberi asupan air yang cukup dan mengandung minyak yang tidak baik bagi kesehatan karena menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh.
Hindari makan berlebihan selama sahur agar kolesterol tidak melonjak tinggi. Intinya agar tetap sehat selaman berpuasa, tetaplah mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta tidak terpaku pada rasanya saja.



Labels:

Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa. Info Unik Menarik : Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa Mas Hudi. 5. Kotabumi, Lampung Utara Lampung Utara
Share
0 Comments pada posting "Tips Sehat Makan Sahur di Bulan Puasa"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, Insya' Allah Anda bisa masuk surga.

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home